PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP

Sitanggang, Winda Sarah Kristina, 195050049 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ttd Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstra.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemahiran berpikir kritis dalam konteks matematika memiliki tingkat kepentingan yang tinggi, sebab hal tersebut merupakan salah satu kompetensi esensial yang perlu dimiliki oleh para siswa dalam proses pembelajaran. Di samping itu, saat ini, peran positif dari konsep diri (self-concept) dalam memengaruhi kesejahteraan mental dan prestasi akademik siswa semakin ditekankan. Model pemecahan masalah menjadi kerangka kerja yang mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengidentifikasi dampak dari penerapan Problem Solving berbasis Maple terhadap kemampuan berpikir kritis dan persepsi diri (Self-concept) siswa. Untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis dan persepsi diri siswa saat menggunakan model Problem Solving berbasis Maple. Selain itu, kami juga akan mengeksplorasi apakah ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan persepsi diri siswa yang mengikuti model Problem Solving dengan dukungan Maple. Penelitian ini akan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kotabaru dengan melibatkan dua kelas sebagai subjek penelitian. Kelas VIII A dijadikan kelompok eksperimen, di mana mereka mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Problem Solving berbantuan Maple. Sementara itu, kelas VIII B berperan sebagai kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal uraian dan angket yang telah diuji coba untuk digunakan sebagai instrumen penelitian. Berikut adalah hasil analisis dari penelitian ini: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model Problem Solving dengan bantuan Maple mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional. 2) Selfconcept siswa yang menerapkan model Problem Solving dengan bantuan Maple mengalami peningkatan yang lebih positif jika dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran tradisional. 3) Ada hubungan yang terlihat antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self-concept mereka. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Self-concept, Problem Solving, Maple

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:19
Last Modified: 19 Oct 2023 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67061

Actions (login required)

View Item View Item