PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN PERSEPSI GURU (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung)

Annisyah, Nur, 195060135 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN PERSEPSI GURU (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGSHAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar adalah salah satu faktor bagi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik di kelas. Guru yang kompeten dan berkualitas dalam Pendidikan dapat memberikan pengaruh yang baik kepada siswa, termasuk Motivasi belajar yang dapat dibangun oleh guru dengan mengetahui pembelajaran yang inovatif. Seperti penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Larning (CTL) yaitu, pembelajaran dengan jalan menghubungkan mata pelajaran akademik dengan isi di kehidupan sehari hari yaitu dengan kontesk kehidupan pribadi, sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Larning (CTL) terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan persepsi guru yang mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar menggunakan model pembelajaran CTL di kecamatan pacet. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, angket melalui google form dan dokumentasi dengan sampel penelitian sebanyak 148 guru yang diklasifikasikan menjadi 74 responden guru yang telah menggunakan model pembelajaran CTL, dan 74 responden guru yang mengajar belum menggunakan model pembelajaran CTL. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa motivasi belajar siswa yang dimiliki saat ini bernilai 1021 dengan kata lain motivasi intrinsic yang dimiliki siswa saat ini berada pada kategori cukup. Untuk hasil penelitian dari penggunaan model pembelajaran CTL pada saat pembelajaran dikelas menghasilkan nilai 1.869 nilai tersebut berada pada kategori tinggi untuk motivasi ekstrinsik siswa. yang artinya bahwa siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan antusias pada saat penggunaan model pembelajaran CTL diterapkan. Hal tersebut didukung dengan aktifitas siswa yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dengan penggunaan CTL ini menghasilkan nilai rata rata 4.443 dengan kategori sangat tinggi. Sehingga pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL ini berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa beradasarkan persepsi guru yang mengajar dan dapat dilihat dari hasil uji pengaruh thitung > t- table (2,291 > 1,994) dengan demikian hipotesis penelitian ini yaitu H0 ditolak dan Ha diterima artinya bahwa penggunaan model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan pada persepsi guru yang mengajar.Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Contextual Teaching And Larning (CTL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:57
Last Modified: 09 Oct 2023 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66943

Actions (login required)

View Item View Item