PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN MAKNA TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL FALAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

JAYANTI, NADIYAH,195030053 (2023) PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN MAKNA TEKS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL FALAH BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi menyimpulkan makna teks puisi yang menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu yang menjadi faktor rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyimpulkan makna puisi adalah penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional sehingga pembelajaran cenderung monoton dan tidak menarik. Selain rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi menyimpulkan makna teks puisi, kemampuan berkolaborasi peserta didik juga masih terbilang rendah karena pembelajaran lebih banyak berpusat pada pendidik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menguji kefektifan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menyimpulkan makna teks puisi, serta mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik dalam menyimpulkan makna teks puisi dan perbedaan kemampuan berkolaborasi peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, dengan desain Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menyimpulkan makna teks puisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat hasil sig dari uji Independent sample t test. Hasil sig dari uji Independent sample t test adalah 0,039 yang artinya < 0,05. Adapun model Problem Based Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menyimpulkan makna teks puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai ratarata (mean) N-Gain Score kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning adalah 75,1087 dibulatkan menjadi 76 yang berarti masuk ke dalam kategori efektif. Adapun rata-rata nilai kemampuan berkolaborasi kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning adalah sebesar 83,54 sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model diskusi adalah sebesar 83,18. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berkolaborasi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci: Model Problem Based Learning, menyimpulkan, makna, teks puisi, berkolaborasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:49
Last Modified: 07 Oct 2023 04:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66930

Actions (login required)

View Item View Item