PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur)

FAUZIYAH, LINA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK LINA FAUZIYAH 195060088.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
12. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dilapangan mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional, kurangnya pemanfaatan sarana, prasarana, dan media pembelajaran khususnya media pembelajaran teka-teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperimen dengan desain quasi experimental tipe nonequivalent group design. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, pretest dan posttest. Dengan menetapkan responden sebagai sampel 20 peserta didik menggunakan jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kelas kontrol maupun kelas eksprimen melakukan pembelajaran sesuai dengan tahapan media pembelajaran yang digunakan. Dikarenakan kedua kelas tersebut diberikan perlakuan yang berbeda, maka hasil yang diperoleh pun berbeda. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran teka-teki silang dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan perolehan nilai hasil uji Independent Sampel T-test yang dilihat dari Equal variances assumed pada nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,000 < 0,005, maka dapat diartikan bahwa Ho ditalok dan Ha diterima. Dengan melalui uji effect size juga terlihat bahwa adanya pengaruh besar dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 4,09. Dengan itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran tekateki silang terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Teka-teki Silang, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2023 02:45
Last Modified: 07 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66920

Actions (login required)

View Item View Item