PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA (PENELITIAN EKSPERIMENTAL DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR IT - ALFATH SADARUSSALAM)

KURNIAWATI, NIA, 185060125 (2023) PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA (PENELITIAN EKSPERIMENTAL DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR IT - ALFATH SADARUSSALAM). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
11.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
12.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
13.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Literasi membaca sangat rendah di sekolah dasar, hal ini terlihat di karenakan guru tidak berinovasi didalam memberikan media pembelajaran dan memberikan materi secara monoton, peserta didik menjadi sangat bosan, jenuh, dan tidak kondusif ketika pembelajaran terjadi, sehingga peserta didik tidak ingin membaca materi yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan media pembelajaran yang menarik yaitu menggunakan media Youtube. Penelitian yang di gunakan yaitu metode Eksperimen, dan peneitian ini di laksanakan di SD IT Alfath Sadarussalam pada kelas IVA-IVB, Teknik yang di gunakan yaitu Sampling Total.Terdapat pengaruh media YouTube terhadap kemampuan literasi membaca dalam pembelajaran di Sekolah Dasar SD IT Alfath Sadarussalam. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji validasi dari angket penelitian ini menyatakan bahwa semua item dalam angket dapat digunakan atau angket semua valid dalam uji coba validasi, sedangkan pada uji reliabilitas diperoleh hasil 0,943 pada variabel pengaruh media youtube dan 0,891 pada variabel kemampuan literasi maka kedua variabel dinyatakan reliabel. Selanjutnya hasil uji normalitas angket dari media youtube dan literasi membaca sebesar 0,054 > 0.05, maka dikatakan bahwa kedua variabel tersebut mempunyai distribusi normal. Pada uji linearitas dapat diperoleh sebesar 0,144 > 0,05 artinya kedua variabel media youtube (X) dan literasi membaca (Y) berdistribusi linier. Sedangkan untuk uji homogenitas memperoleh sebesar 0,124> 0,05 dapat diartikan bahwa kedua variabel media youtube (X) dan literasi membaca (Y) berdistribusi homogen. Terakhir berdasarkan hasil atau hasil uji hipotesis dimana nilai signifikasinya 0,000 <0,05 maka dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Youtube , Media Youtube.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:27
Last Modified: 06 Oct 2023 08:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66888

Actions (login required)

View Item View Item