PENERAPAN MEDIA FILMSTRIP DALAM PEMBELAJARAN MENYAJIKAN INFORMASI DATA DALAM BENTUK TEKS EKSPLANASI DI KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

AMINAH, SITI, 195030080 (2023) PENERAPAN MEDIA FILMSTRIP DALAM PEMBELAJARAN MENYAJIKAN INFORMASI DATA DALAM BENTUK TEKS EKSPLANASI DI KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa menulis adalah kemampuan yang sulit dikuasai. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kesulitan untuk mengemukakkan gagasan yang dimiliki, serta kurang efektifnya media yang digunakan oleh guru. Salah satu media yang dianggap tepat yang dapat memberikan peningkatan terhadap minat peserta didik dalam pembelajaran menulis adalah media filmstrip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran dengan media filmstrip, kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung dalam menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media filmstrip, serta efektivitas media filmstrip dalam pembelajaran menyajikan informasi data dalam bentuk teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Adapun hasil penelitiannya yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menyajikan informasi data dalam bentuk teks eksplanasi dengan nilai rerata 3,76; (2) peserta didik mampu menyajikan informasi data dalam bentuk teks eksplanasi menggunakan media filmstrip dengan nilai rerata hasil prates kelas eksperimen dan kontrol yakni 52,77 > 26,38 sedangkan untuk nilai rerata hasil pascates kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yakni 92,59 > 80,78; (3) media filmstrip efektif digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam menyampaikan gagasan dalam pembelajaran menyajikan informasi data dalam bentuk teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung dengan nilai Asymp.sig. (2-tailed) sebesar 0,006 <0,05 pada uji Mann Whitney. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyajikan informasi data dalam bentuk teks eksplanasi menggunakan media filmstrip pada peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung berhasil menunjukkan peningkatan hasil belajar. Kata Kunci: Menyajikan, Teks Eksplanasi, dan Media Filmstrip.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:20
Last Modified: 06 Oct 2023 07:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66874

Actions (login required)

View Item View Item