PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN Sanghiyang)

ANGKASA, 195060002 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN Sanghiyang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Proses dari belajar yang baik dan maksimal akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Dimana jika proses belajar berjalan dengan baik, maka peserta didik pun akan mengalami perubahan dalam tingkah laku, baik dalam pengetahuan kognitif, afektif dan psikomotorik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran problem based learning dengan pembelajaran konvensional terhadap serta mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN Sanghiyang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji paired sample t test.Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sanghiyang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan kelas konvensional didasarkan pada hasil uji independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,00< 0,05. Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ips kelas V SDN Sanghiyang berdasarkan hasil uji paired sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kata Kunci: Model problem based learning, Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:01
Last Modified: 06 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66871

Actions (login required)

View Item View Item