Aziz, Ishlah Hanif Nur (2023) PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM MASTATO RAMEN SEBAGAI SARANA PROMOSI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
DAFTAR ISI1.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN ishlah hanif.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul "PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MASTATO RAMEN SEBAGAI SARANA PROMOSI" (Studi Deskriptif Kualitatif Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Mastatoramen Sebagai Sarana Promosi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram Mas Tato Ramen sebagai sarana promosi dalam mengenalkan jasa atau produk kepada konsumen dilihat dari 4 proses model AIDA, yaitu Attention (perhatian, Interest (ketertarikan), Desire (keinginan), Action (tindakan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi dan menggunakan model pemasaran AIDA yang telah diciptakan oleh Elias St. Elmo Lewis yang biasa digunakan dalam pemasaran dan promosi untuk memikat konsumen. Teknik Pengumpulan data penelitian ini melalui studi kepustakaan, obsercasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini melibatkan total 7 informan (Marketing Manager Mas Tato Ramen, Social Media Specialist, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan, Konsumen dan Pengikut Instagram @mastatoramen. Hasil penelitian yang didapatkan mengenai pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosi yang dilakukan oleh Mas Tato Ramen, 1) Pemanfaatan promosi melalui attention, Mas Tato Ramen menggunakan berbagai macam strategi dimulai dari membuat konten yang menarik, tahap menyunting video yang diperhatikan, dan memposting sesuai dengan jadwal yang tepat agar bisa menarik perhatian dari konsumen dan pengikut Instagramnya. 2) Pemanfaatan promosi melalui interest, Mas Tato Ramen membuat konten yang interaktif yang melibatkan konsumen dan pengikut Instagramnya, Mas Tato Ramen biasa melakukan konten yang berisikan kuis yang berhadiah diskon hingga gratis makan dan minuman. Kuis dan hadiah yang diberikan tentu akan melibatkan konsumen dan pengikut instagram yang nantinya akan mendapat hadiah dari Mas Tato Ramen sebagai apresiasi telah mengikuti antusias dan menjawab dengan benar di kolom komentar. 3) Pemanfaatan promosi melalui desire, Mas Tato Ramen memberikan pelayanan yang maksimal dan memberikan fasilitas tempat yang nyaman, bersih, dan nyaman untuk membuat pelanggan yang akan datang mempunyai pengalaman yang baru dan baik. 4) Pemanfaatan promosi melalui action, setelah melewati 3 tahap proses AIDA tentunya konsumen akan secara bertahap mengikuti alurnya, di tahap ini Mas Tato Ramen memberikan kesan yang baik untuk konsumennya dan menjaga pelayanan, kebersihan tempat, kebersihan serta detail makanan dan minumannya yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 06:46 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66867 |
Actions (login required)
View Item |