PENGARUH TERHADAP MODEL PROBLEM BASSED LEARNING PADA MATERI OTORITAS JASA KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kasus SMAN 1 Sukahaji Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2022-2023)

Nugraha, Sulistio, 185020059 (2023) PENGARUH TERHADAP MODEL PROBLEM BASSED LEARNING PADA MATERI OTORITAS JASA KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kasus SMAN 1 Sukahaji Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2022-2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui metode pembelajaran problem bassed learning pada materi otiritas jasa keuangan di SMAN 1 Sukahaji, 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Sukahaji, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh problem bassed learning pada materi otoritas jasa keuangan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Sukahaji. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif karena tujuannya ingin mengetahui adanya pengaruh dari suatu perlakuan yang selanjutnya diuji hipotesisnya. Hasil dalam penelitian ini antara lain : Problem Bassed Learning dikatakan kuat dengan thitung > ttabel (4,746 > 1,692). Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara antara model problem bassed learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dan dari hasil uji t, diketahui nilai sign. 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dari tabel tersebut juga diketahui bahwa jawaban responden terhadap variabel berpikir kritis dengan total nilai rata-rata jawaban sebesar 2,975 yang artinya bahwa gambaran umum kondisi variabel berpikir kritis siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Sukahaji berada pada kategori “Baik”. Adapun saran yang hendak disampaikan: 1) Pihak sekolah menyediakan fasilitas seperti media ajar yang mendukung, agar pembelajaran Problem Bassed Learning dapat berjalan optomal, 2) Siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, 3) Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, 4) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menindak lanjuti data penelitian ini sehingga dapat dijadikan bahan masukan dalam melakukan penelitian di tempat lain dengan subjek yang berbeda. Kata kunci: Problem Bassed Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, SMAN 1 Sukahaji.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:48
Last Modified: 06 Oct 2023 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66866

Actions (login required)

View Item View Item