PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MEMIRSA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMPN 21 BANDUNG

RAMADHAN, MUHAMMAD YUSRIL KEMAL, 195030089 (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MEMIRSA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMPN 21 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya perhatian terhadap keterampilan memirsa. Penyebab utama keterampilan ini kurang diperhatikan adalah adanya anggapan bahwa memirsa merupakan keterampilan yang mudah sehingga menjadi keretampilan berbahasa yang kurang diperhitungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan 1) kemampuan penulis dalam merancang, merancanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memirsa teks fabel dengan menggunakan model discovery learning; 2) kemampuan peserta didik dalam memirsa teks fabel; 3) kemampuan peserta didik dalam memirsa teks fabel sesudah menggunakan model discovery learning; 4) Perbedaan kemampuan peserta didik dalam memirsa teks fabel pada kelas ekperimen dan kontrol. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan desain quansi ekperiment atau eksperimen semu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui rata-rata nilai hasil pretest kelas ekperimen maupun kontrol belum mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM. Pada penilaian posttest terdapat kenaikan dari kedua kelas, tetapi hanya kelas ekperimen yang mendapatkan nilai rata-rata 76,46 mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkam pemaparan di atas, dapat disimpulakan bahwa penerapan model discovery learning pada pembelajaran memirsa teks fabel siswa kelas VII SMPN 21 Bandung berhasil menunjukan perbedaan dan peningkatan hasil belajar. Kata kunci: memirsa, teks, fabel, discovery, learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:20
Last Modified: 06 Oct 2023 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66856

Actions (login required)

View Item View Item