RAMADHAN, MUHAMMAD YUSRIL KEMAL, 195030089 (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MEMIRSA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMPN 21 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya perhatian terhadap keterampilan memirsa. Penyebab utama keterampilan ini kurang diperhatikan adalah adanya anggapan bahwa memirsa merupakan keterampilan yang mudah sehingga menjadi keretampilan berbahasa yang kurang diperhitungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan 1) kemampuan penulis dalam merancang, merancanakan, dan mengevaluasi pembelajaran memirsa teks fabel dengan menggunakan model discovery learning; 2) kemampuan peserta didik dalam memirsa teks fabel; 3) kemampuan peserta didik dalam memirsa teks fabel sesudah menggunakan model discovery learning; 4) Perbedaan kemampuan peserta didik dalam memirsa teks fabel pada kelas ekperimen dan kontrol. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan desain quansi ekperiment atau eksperimen semu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui rata-rata nilai hasil pretest kelas ekperimen maupun kontrol belum mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM. Pada penilaian posttest terdapat kenaikan dari kedua kelas, tetapi hanya kelas ekperimen yang mendapatkan nilai rata-rata 76,46 mencapai atau melebihi kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkam pemaparan di atas, dapat disimpulakan bahwa penerapan model discovery learning pada pembelajaran memirsa teks fabel siswa kelas VII SMPN 21 Bandung berhasil menunjukan perbedaan dan peningkatan hasil belajar. Kata kunci: memirsa, teks, fabel, discovery, learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 06:20 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 06:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66856 |
Actions (login required)
View Item |