IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG

WIDIYANTI, REGITA, 195030079 (2023) IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis khususnya menulis teks eksplanasi. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang merasa tidak memiliki bakat dan tidak mampu menuangkan kreativitas terhadap tulisan, serta kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: kemampuan penulis mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila pada modul dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran Mengonstruksi teks eksplanasi dengan model Problem Based Learning peserta didik di kelas XI SMAN 1 Parongpong, mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mingimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Mengonstruksi teks eksplanasi berdasarkan jenis dan unsur pembuatan teks eksplanasi; dan mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengimplementasikan teks eksplanasi Profil Pelajar Pancasila dalam susunan teks eksplanasi dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi terhadap kemampuan bernalar kritis peserta didik berdasarkan jenis dan unsur pembuatan teks eksplanasi dengan model Problem Based Learning. Terbukti dari hasil pretest rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 53,30 sementara perolehan rata-rata nilai posttest 93,75 yang menunjukan kenaikan nilai. Kata Kunci:, Teks eksplanasi, bernalar kritis, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:52
Last Modified: 06 Oct 2023 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66852

Actions (login required)

View Item View Item