WIDIYANTI, REGITA, 195030079 (2023) IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (914kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis khususnya menulis teks eksplanasi. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang merasa tidak memiliki bakat dan tidak mampu menuangkan kreativitas terhadap tulisan, serta kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: kemampuan penulis mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila pada modul dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran Mengonstruksi teks eksplanasi dengan model Problem Based Learning peserta didik di kelas XI SMAN 1 Parongpong, mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mingimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Mengonstruksi teks eksplanasi berdasarkan jenis dan unsur pembuatan teks eksplanasi; dan mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengimplementasikan teks eksplanasi Profil Pelajar Pancasila dalam susunan teks eksplanasi dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi terhadap kemampuan bernalar kritis peserta didik berdasarkan jenis dan unsur pembuatan teks eksplanasi dengan model Problem Based Learning. Terbukti dari hasil pretest rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 53,30 sementara perolehan rata-rata nilai posttest 93,75 yang menunjukan kenaikan nilai. Kata Kunci:, Teks eksplanasi, bernalar kritis, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:52 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66852 |
Actions (login required)
View Item |