MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI PLATFORM INFORMASI BENCANA ALAM DAN PERISTIWA KRISIS ( Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pemanfaatan Akun Twitter @BMKGBandung )

Gaby, Gaby (2023) MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI PLATFORM INFORMASI BENCANA ALAM DAN PERISTIWA KRISIS ( Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pemanfaatan Akun Twitter @BMKGBandung ). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI PLATFORM INFORMASI BENCANA ALAM DAN PERISTIWA KRISIS (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pemanfaatan Akun Twitter @BMKGBandung)” yang dimana sudah diketahui bahwa penyebaran informasi pada masa kini sudah menggunakan media sosial sebagai alat bantunya. Hal ini dikarenakan dengan media sosial, dapat memudahkan dalam melakukan apapun yang terpaut dengan waktu, sehingga menjadi cepat, tepat, dan efisien. Pemilihan media sosial untuk penyebaran informasi serta interaksi dengan khalayak sangatlah cepat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui seperti apa bentuk pemanfaatan media sosial Twitter oleh @BMKGBandung untuk menyebarkan informasi terkait dengan kejadian alam atau bencana alam yang terjadi di kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, sedangkan untuk pengumpulan data, penulis melakukan dengan studi lapangan, studi kepustakaan, wawancara dan obersvasi yang dilakukan secara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Computer Mediated Communication Theory (CMC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa @BMKGBandung sudah menjadi bukti bahwa BMKG Bandung sudah cukup memanfaatkan media sosial Twitter dengan baik dalam penyampaian informasi, interaksi serta memberikan edukasi terhadap masyarakat, meskipun memang masih ada beberapa kekurangan dan itu juga merupakan hal yang wajar. Kedepannya, masih ada waktu untuk @BMKGBandung dapat memperbaiki lagi dalam pengelolaannya sebagai akun pemerintah dalam penyampaiannya terkait bencana alam dan kejadian alam. Perencanaan yang baik dari BMKG Bandung sangat berpengaruh besar, karenanya harus bijak memilih informasi apa saja yang akan dibagikan pada masyarakat, karena jika sudah dibagikan akan menjadi konsumsi publik. Hal ini dihimbau agar meminimalisir kesalahpahaman pada akun @BMKGBandung. BMKG Bandung harus mempunyai cara mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan akan terjadi Kata Kunci : BMKG, BMKG Bandung, Twitter, Computer Mediated Communication

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:33
Last Modified: 06 Oct 2023 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66825

Actions (login required)

View Item View Item