KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL GURU PADA SISWA PENYANDANG TUNARUNGU (Studi Kualitatif Deskriptif Tentang Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru Pada Siswa Penyandang Tunarungu di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung)

HALIMATUSADIAH, HANNY (2023) KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL GURU PADA SISWA PENYANDANG TUNARUNGU (Studi Kualitatif Deskriptif Tentang Komunikasi Verbal dan Nonverbal Guru Pada Siswa Penyandang Tunarungu di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
4. Bab 1 Hanny.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan Hanny.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak 3 bahasa hanny.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Kata pengantar Hanny.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka Hanny.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab 2 Hanny.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Daftar Isi Hanny.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover Hanny.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penyandang Tunarungu merupakan kondisi seseorang yang kehilangan pendengarannya. Hal ini berdampak luas dan kompleks dalam segala aspek kehidupan salah satunya pendidikan. Bagi mereka, Sosok guru merupakan penunjang menuju keberhasilan dalam menempuh perkembangannya. Proses tersebut menuntut guru untuk memiliki strategi dalam mewujudkan sistem pendidikan yang bermutu salah satunya komunikasi verbal dan nonverbal yang digunakan guru pada siswa penyandang tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep-konsep dari Goerge Herbert Mead (Mind, Self, Society) dalam komunikasi verbal dan nonverbal terkait dengan tiga dari empat Kompetensi guru pada siswa penyandang tunarungu di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung. Diantaranya kompetensi Profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diminati dilapangan dengan lebih spesifik, transparan dan mendalam. Mengunakan teori simbolik. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik uji kebahasan data dilakukan menggunakan trigulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa analisis mengenai komunikasi verbal dan nonverbal guru pada siswa penyandang tunarungu menggunakan metode pembelajaran Maternal Reflektif (MMR) dan guru telah memenuhi ketiga standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yang berkompetan sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi-kompetensi tersebut yang tentunya kompetensi tersebut memiliki peranan penting dalam perkembangan siswa dan mempengaruhi kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Terlihat dari sekolah yang telah berhasil mencetak siswa-siswa yang berprestasi bahkan bisa bekerja dan melanjutkan kuliah. Kata Kunci: Komunikasi verbal dan nonverbal, Kompetensi Guru, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:43
Last Modified: 05 Oct 2023 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66785

Actions (login required)

View Item View Item