PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PANGATIKAN KABUPATEN GARUT

RAHMAWATI, SALMA AMALIA, 195060020 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PANGATIKAN KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstark.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Ringkesan.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas tinggi Sekolah Dasar di Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas tinggi, siswa kelas IV dan V sekolah dasar yang berada di Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut. Terdapat 20 sekolah dasar negeri, sebanyak 60 guru yang mengajar di kelas tinggi dan 68 siswa kelas IV dan V dari salah satu sekolah yang berada di Kecamatan Pangatikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan melalui uji Normalitas bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0.069>0,05 data kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas tinggi Sekolah Dasar dapat dianggap mengikuti distribusi normal. Terdapat pula variasi kemampuan berpikir kreatif diantara sekolah-sekolah yang diamati. SDN 1 Karangsari memiliki nilai tertinggi dengan 122, menunjukkan bahwa siswa di sekolah ini memiliki kemampuan berpikir kreatif yang lebih unggul. Di sisi lain, SDN 3 Cimaragas dan SDN 2 Cimaragas memiliki nilai terendah dengan 99 dan 104, menandakan adanya potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif di sekolah tersebut. Kata Kunci: problem based learning (PBL), Kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:36
Last Modified: 05 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66781

Actions (login required)

View Item View Item