KOMUNIKASI BUDAYA PENGGEMAR BOY BAND BTS DI ERA DIGITAL Studi Etnografi Virtual pada penggemar BTS di Media Sosial Instagram

Musliha, Belinda Melyn (2023) KOMUNIKASI BUDAYA PENGGEMAR BOY BAND BTS DI ERA DIGITAL Studi Etnografi Virtual pada penggemar BTS di Media Sosial Instagram. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Belinda.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Ringkasan penelitian ini berjudul “Komunikasi Budaya Penggemar Boy Band BTS Di Era Digital” studi Etnografi Virtual Pada Penggemar BTS Di Media Sosial Instagram. Media digital salah satunya adalah media sosial yang menjembatani komunikasi antar idol dan penggemar sehingga mereka menjadi lebih dekat. Dimana hampir semua platform media sekarang membahas satu grup musik, BTS yang terdiri dari tujuh personil yaitu Kim Namjoon (RM), Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (Suga), Jung Haseok (J-hope), Park Jimin (Jimin), Kim Taehyung (V), dan Jeon Jungkook (Jungkook). Di antara sekian banyak prestasi BTS yang menjuarai beberapa chart, ternyata ada pencapaian lainnya yaitu ketika BTS diminta oleh UNICEF Korea untuk berpidato di PBB Majelis Umum (Perserikatan Bangsa-Bangsa) tentang pemberdayaan anak dan remaja. BTS punya penggemar yangn dipanggil “ARMY” dan memunculkan komunitas penggemar BTS. Komunitas Fans Army menyebar melintasi berbagai negara asing hingga ke Indonesia. Disini peneliti ingin mengkaji tentang bagaimana budaya penggemar di era digital dengan melihat aktifitas-aktifitas penggemar yang dilakukan oleh para anggota fandom melalui media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan studi etnografi virtual Christine Hine (2015). Metode ini menggunakan dua teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya penggemar dapat dilihat dari empat level analisis siber, yakni 1) Ruang media, tempat fokus para penggemar BTS dengan menggunakan platform Instagram, mencari informasi tentang BTS, mengikuti kegiatan BTS di Instagram dan untuk menyebarkan informasi atau berita terbaru tentang idolanya. 2) Dokumen media, digunakan untuk melihat lebih jauh bagaimana sebuah teks dan emoticon yang berbentuk simbol interaksi dalam media siber lebih dimaknai sebagai pemberi informasi kepada sesama Army di media sosial Instagram. 3) Objek media, memiliki keterkaitan yang begitu erat dengan level – level lainnya. Level objek media sebagai media tempat berinteraksi dalam “menjembatani” alur informasi antara para penggemar dalam mencari informasi dan menyebarkan informasi tentang member BTS. 4) Pengalaman, level ini diperkaya dengan wadah media grup WhatsApp untuk bertukar informasi mengenai kegiatan yang akan Army lakukan seperti galang dana atau donasi bagi korban bencana, dan bertukar informasi tentang berita terbaru member BTS. Kata Kunci: ARMY, BTS, Fandom, Komunikasi Budaya Penggemar, Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:05
Last Modified: 04 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66657

Actions (login required)

View Item View Item