FENOMENA MUSIK PUNK DI KALANGAN MASYARAKAT KOTA BANDUNG (Studi Fenomenologi Musik Punk Pada Label Rekaman Fightfall Records di Kalangan Masyarakat Kota Bandung)

Wilan, Eka (2023) FENOMENA MUSIK PUNK DI KALANGAN MASYARAKAT KOTA BANDUNG (Studi Fenomenologi Musik Punk Pada Label Rekaman Fightfall Records di Kalangan Masyarakat Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK .pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Musik Punk di Kalangan Masyarakat Kota Bandung (Studi Fenomenologi Musik Punk Pada Label Rekaman Fightfall Records di Kalangan Masyarakat Kota Bandung).” Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana motif, tindakan, dan makna musik punk dikalangan masyarakat Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Informan penelitian berjumlah delapan orang dengan enam informan inti, satu informan ahli, dan satu informan akademisi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif masyarakat mendengarkan musik punk Fightfall Records karena lirik berkaitan dengan hidup, dapat membangkitkan semangat, menambah referensi lagu dan memiliki ciri khas dibanding label musik lain. Tindakan yang diperoleh setelah mendengarkan musik punk adalah mendengarkan musik tersebut secara terus menerus, menambahkan padaplaylist lagu, dan mendatangi konser musik. Makna musik punk menurut informan adalah karya keatif, karya yang memiliki nilai sosial tinggi, karya yang mengandung opini mengenai kehidupan kelas bawah,, dan karya yang mudah dipahami. Saran untuk Fightfall Records adalah mempertahankan eksitensi musik punk dengan cara membust kolaborasi dengan genre lain dan membuat kegiatan bersama tokoh punk, membuat karya yang inovatif agar dapat mengubah stigma negatif masyarakat melalui prestasi yang diraih, dan mencari bibit anak bangsa yang unggul dalam mengembangkan musik punk. Kata Kunci: Fenomenologi, Fightfall Records, Musik, Punk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:04
Last Modified: 03 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66539

Actions (login required)

View Item View Item