PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KOREAN HIP-HOP MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Interaksi Simbolik Penggemar Korean Hip-Hop Melalui Media Sosial Twitter)

Syifa, Erina Bella (2023) PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KOREAN HIP-HOP MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Interaksi Simbolik Penggemar Korean Hip-Hop Melalui Media Sosial Twitter). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB I ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK - ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lEMBAR PERSETUJUAN ERINA BELLA SYIFA 192050088.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perilaku Komunikasi Penggemar Korean Hip- Hip melalui media sosial Twitter (Studi Interaksi Simbolik Penggemar Korean Hip-Hop Melalui Media Sosial Twitter)”. Penelitian ini difokuskan untuk memahami interaksi simbolik yang berlangsung di antara para penggemar Korean Hip-Hop. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengatahui bagaimana interaksi simbolik yang terjalin berdasarkan bagaimana para penggemar memahami makna, bahasa dan pemikiran saat mereka berinteraksi melalui media sosial Twitter. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teori Interaksi Simbolik menurut Herbert Blumer yang berfokus kepada tiga prinsip utama, yaitu tentang pemaknaan (meaning), bahasa (language), dan pikiran (thought) sebagai fokus penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi langsung melalui media sosial Twitter (online), studi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis pada penelitian kualitatif ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa meaning perilaku para penggemar Korean Hip-Hop bagi para penggemar adalah sebagai sarana hiburan dan stress relief bagi kehidupan mereka. Korean Hip-Hop juga memberikan sekempatan untuk para penggemarnya untuk melakukan interaksi simbolik dengan sesama penggemar dengan begitu mereka bisa mendapatkan informasi mengenai Korean Hip-Hop. Language yang dilakukan secara verbal maupun nonverbal. Secara verbal, para penggemar melakukan interaksi dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya seperti bahasa Korean dan bahasa Inggris. Lalu secara nonverbal seperti mereka menggunakan emoticon, meme, serta gif sebagai cara mereka mengeluarkan ekspresi. Thought yang terbentuk adalah penggemar merasa senang melakukan berbagai interaksi dengan sesama penggemar serta berinteraksi langsung dengan para idola mereka serta mereka dapat belajar banyak hal terutama mempelajari bahasa asing. Dari hal salah satu hal tersebut timbul kesamaan makna yang didapatkan melalui proses negosiasi penggunaan bahasa dari interaksi sosial sesama penggemar. Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Penggemar KHH, Makna, Bahasa, Pemikiran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:47
Last Modified: 03 Oct 2023 04:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66516

Actions (login required)

View Item View Item