FILM DOKUMENTER EKSPOSITORI RELAWAN PENJAGA PERLINTASAN KERETA API DI KOTA BANDUNG MELALUI DEPARTEMEN PENYUTRADARAAN Lutfi Azhar Afiana:176020043

Lutfi Azhar Afiana (2023) FILM DOKUMENTER EKSPOSITORI RELAWAN PENJAGA PERLINTASAN KERETA API DI KOTA BANDUNG MELALUI DEPARTEMEN PENYUTRADARAAN Lutfi Azhar Afiana:176020043. Skripsi(S1) thesis, Fotografi dan Film.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Dalam Tugas Akhir ini, penulis sebagai Sutradara dalam pembuatan film dokumenter Ekspositori “Relawan Penjaga Perlintasan Kereta Api”. Sutradara merupakan bagian dari pembuatan film, Sutradara bertugas menentukan ide dan konsep, penulisan naskah, penentuan lokasi produksi, dan memimpin jalannya proses shooting. Dalam pasca produksi, Sutradara menentuan ide dan konsep serta melakukan beberapa observasi pengambilan data terlebih dahulu, lalu dalam proses pembuatan naskah Sutradara menggambarkan ide dan konsepnya dalam sebuah tulisan narasi, dalam menentukan lokasi produksi Sutradara melakukan riset atau proses mengunjungi lokasi proses produksi, dan menentukan lokasi mana yang akan digunakan produksi. Relawan penjaga perlintasan kereta api adalah orangorang yang secara sukarela memberikan waktu dan usaha mereka untuk membantu memastikan keselamatan di perlintasan kereta api. Beberapa relawan yang berasal dari berbagai latar belakang dan profesi, termasuk yang tidak tergabung dalam suatu komunitas, berinisiatif untuk menjadi penjaga perlintasan kereta api di beberapa daerah, termasuk di Kota Bandung. Usaha yang dilakukan relawan penjaga perlintasan kereta api, penulis tertarik dengan bagaimana kepedulian sesama manusia untuk menjaga dari bahaya. Film Dokumenter adalah sebuah film yang berkaitan langsung dengan suatu fakta dan non-fiksi yang berusaha untuk menyampaikan kenyataan dan bukan sebuah kenyataan yang direkayasa. Penulis menggunakan film dokumenter gaya ekspositori yang mana bersifat naratif atau memiliki makna pengisahan suatu cerita atau kejadian. Film yang berjudul “Relawan perlintasan kereta api” ini penulis membuat film dokumenter dalam bentuk ekspositori. Bentuk ekspositori mudah dalam mengumpulkan data baik dalam wawancara maupun dalam observasi. Dalam pembuatan film dokumenter bentuk ekspositori relative cepat, hal ini juga menjadi alasan dipilihnya bentuk ini karena waktu dalam pembuatan film ini cukup singkat, pengumpulan data secara kualitatif sangat efektif. Kata Kunci : Relawan, Perlintasan kereta api, Dokumenter ekspositori, sutradara.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2023
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:19
Last Modified: 03 Oct 2023 04:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66512

Actions (login required)

View Item View Item