GASTRODIPLOMASI INDONESIA UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS KULINER DIASPORA INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT

Jalal, Qinan Syaeful (2023) GASTRODIPLOMASI INDONESIA UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS KULINER DIASPORA INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Bisnis kuliner diaspora indonesia ini kurang peminat dan banyaknya diaspora indonesia yang ingin membuka bisnis kuliner terkendala biaya, dengan fakta tersebut KJRI menggelar Indonesian Gourmet Day Festival untuk membantu bisnis kuliner diaspora Indonesia di Amerika Serikat sekaligus mengenalkan masakan khas Indonesia kepada masyarakat Chicago. Penelitian ini berfokus pada pengembangan bisnis kuliner diaspora Indonesia di Amerika serikat yang difasilitasi oleh KJRI Chicago dengan menyelenggarakan Indonesian Gourmet Day Festival untuk membantu bisnis kuliner diaspora Indonesia di Amerika Serikat, sekaligus untuk mengenalkan masakan khas Nusantara kepada masyarakat Chicago. Upaya gastrodiplomasi yang dilakukan oleh KJRI Chicago tersebut diselenggarakan pada beberapa tempat di Amerika Serikat. Dengan penelitian ini berfokus meneliti bagaimana upaya KJRI Chicago dalam mempromosikan bidang kuliner diaspora Indonesia di Amerika Serikat, juga untuk meneliti hasil dari program Indonesian Gourmet Day Festival yang diselenggarakan oleh KJRI Chicago. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif dengan menjadikan jurnal ilmiah, buku, laporan dan dokumen tertuliis, juga artikel yang terpercaya sebagai data sekunder dan menjadikan peneltian literatur sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya gastrodiplomasi yang dijalankan oleh KJRI Chicago dalam beberapa tempat ini terbukti berhasil dalam membantu bisnis kuliner diaspora Indonesia di Amerika Serikat, terlihat dari antusias para pengunjung yang berpartisipasi dalam acara tesebut, juga dapat membantu program pemerintahan “Indonesia Spice Up The World” untuk membuka 4.000 restoran Indonesia di seluruh dunia. Kata Kunci: Diaspora, Indonesia, Amerika Serikat, Gastrodiplomasi, Kuliner, Bisnis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:09
Last Modified: 03 Oct 2023 02:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66453

Actions (login required)

View Item View Item