TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE EDUKASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN (Studi Fenomenologi Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Kampanye Edukasi Kebersihan Lingkungan Pada Akun @pandawaragroup di Kalangan Generasi Z)

Pramana, Doni Atian (2023) TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE EDUKASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN (Studi Fenomenologi Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Kampanye Edukasi Kebersihan Lingkungan Pada Akun @pandawaragroup di Kalangan Generasi Z). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN (2).pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “TikTok Sebagai Media Kampanye Edukasi Kebersihan Lingkungan (Studi Fenomenologi Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Kampanye Edukasi Kebersihan Lingkungan Pada Akun @pandawaragroup di Kalangan Generasi Z)” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, tindakan, dan makna dari followers TikTok @pandawaragroup sebagai media kampanye edukasi kebersihan lingkungan di kalangan generasi Z. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Computer Mediated Communication (CMC) oleh Joseph Walther dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakan, observasi lapangan dan wawancara dengan informan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan motif followers TikTok @pandawaragoup menggunakan TikTok sebagai media kampanye edukasi kebersihan lingkungan di kalangan generasi Z adalah karena ketertarikan terhadap konten menarik dan edukatif, inspirasi dan harapan untuk menginspirasi konten kreator lain, keprihatinan terhadap lingkungan dan gaya konten menarik, serta tujuan untuk mendapatkan hiburan dan mengisi waktu luang. Tindakan followers TikTok @pandawaragoup menggunakan TikTok sebagai media kampanye edukasi kebersihan lingkungan di kalangan generasi Z adalah karena informan telah mengambil tindakan nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tindakan tersebut meliputi perubahan kebiasaan sehari-hari dan partisipasi dalam aksi nyata untuk membersihkan lingkungan. Melalui kampanye edukasi yang disampaikan oleh @pandawaragroup, informan merasa terinspirasi dan didorong untuk berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan secara aktif. Makna followers TikTok @pandawaragoup menggunakan TikTok sebagai media kampanye edukasi kebersihan lingkungan di kalangan generasi Z adalah karena mendapatkan berbagai makna penting tentang kebersihan lingkungan, termasuk inspirasi, motivasi, pemahaman yang lebih menyenangkan, tanggung jawab bersama, dan praktik- praktik ramah lingkungan. Akun tersebut berhasil membangun kesadaran, antusiasme, dan partisipasi pengikutnya dalam menjaga kebersihan lingkungan secara aktif. Saran yang peneliti ingin sampaikan setelah melakukan penelitian ini adalah TikTok memiliki berbagai fitur interaktif yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong keterlibatan lebih aktif dari pengikut. Akun @pandawaragroup dapat mengambil keuntungan dari fitur-fitur ini, seperti tantangan atau ajakan bagi pengikut untuk membuat konten terkait kebersihan lingkungan. Langkah ini akan membangun komunitas yang lebih solid dan berkontribusi dalam menyebarkan pesan kampanye. Kata Kunci: TikTok, Kebersihan Lingkungan, Generasi Z, Computer Mediated Communication (CMC), Motif, Tindakan, makna, Fenomenologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:12
Last Modified: 02 Oct 2023 08:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66402

Actions (login required)

View Item View Item