FENOMENA AFILIASI TIKTOK SHOP PADA KALANGAN GENERASI Z (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Fenomena Afiliasi TikTok Shop di Kalangan Generasi Z Indonesia)

Azmi, Fadhil Syahida and Firmansyah, M. Zaky and Ahmad Mauldan, Fauzi (2023) FENOMENA AFILIASI TIKTOK SHOP PADA KALANGAN GENERASI Z (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Fenomena Afiliasi TikTok Shop di Kalangan Generasi Z Indonesia). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Afiliasi TikTok Shop pada Kalangan Generasi Z (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Fenomena Afiliasi TikTok Shop di Generasi Z Indonesia)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motif para generasi Z, Tindakan para generasi Z, dan makna para generasi Z dalam menggunakan afiliasi TikTok Shop. Metode penelian yang digunakan peneliti adalah kualitatif, teori yang digunakan peneliti adalah teori fenomenologi milik Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam menggunakan afiliasi TikTok Shop, para generasi Z memiliki tujuan yang berbeda beda. Dalam motif para Generasi Z memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan komisi, akan tetapi didalam motif tersebut terdapat 3 orientasi yang berbeda, yaitu motif masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Motif masa lalu seperti adanya ajakan dari lingkungan sekitar seperti keluarga atau kerabat, motif masa kini seperti untuk kepentingan jangka pendek dan keseharian yaitu seperti mendapatkan sampel gratis, mencoba hal baru, kemudahan fitur dan untuk mendapatkan pendapatan sehari hari, dan motif yang akan datang seperti menabung atau menginvestasikan hasil komisi yang telah didapat. Tindakan generasi Z dalam menggunakan atau mempromosikan afiliasi TikTok Shop yaitu dengan melakukan livestreaming dan membuat video pendek seperti unboxing, review¸ deskripsi produk, menggunakan produk dalam video, hingga membuat konsep storytelling. Kemudian makna dalam menggunakan afiliasi TikTok Shop pada generasi Z yaitu cukup hingga sangat besar seperti dalam eksposur, engagement, dan yang pastinya komisi. Setelah melakukan penelitian tentang Fenomena Afiliasi TikTok Shop Pada Kalangan Generasi Z, peneliti menyarankan agar pengguna afiliasi TikTok Shop lebih mempromosikan brand-brand lokal dan tidak mempromosikan brand luar apalagi produk tiruan. Pengguna afiliasi TikTok Shop diharapkan untuk tidak melebih-lebihkan dalam mempromosikan suatu produk, serta pengguna juga diharapkan untuk tidak mengambil gambar atau video yang bukan milik pribadi tanpa seizin pemilik foto atau video untuk digunakan dalam mempromosikan produk afiliasi. Kata Kunci: Generasi Z, Motif, Tindakan, Makna, Afiliasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:47
Last Modified: 02 Oct 2023 04:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66372

Actions (login required)

View Item View Item