PERAN UNITED NATIONS CHILDREN’S FUND DALAM MENANGANI PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PENDIDIKAN DI AFGHANISTAN

SARI, ASTRI NOPITA (2023) PERAN UNITED NATIONS CHILDREN’S FUND DALAM MENANGANI PEMENUHAN HAK ANAK ATAS PENDIDIKAN DI AFGHANISTAN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG HASIL .pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR .pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA .pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Konflik berkepanjangan yang terjadi di Afghanistan, serta bangkitnya Taliban ke Afghanistan menyebabkan seluruh sektor hancur, khususnya dalam sektor pendidikan. akibat dari konflik tersebut, hak anak atas pendidikan pun ikut terancam. Serta sistem pendidikan di Afghanistan mengalami keruntuhan. United Nations Children’s Fund (UNICEF) hadir di afghanistan dengan harapan dapat melindungi, memenuhi, dan meningkatkan sektor pendidikan untuk anak-anak. Pemenuhan hak anak di Afghanistan di harapkan dapat meningkat dengan adanya program UNICEF. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, mengamati, serta mengetahui bagaimana kondisi pendidikan anak Afghanistan, dan peran apa yang diberikan UNICEF dalam menangani pemenuhan hak anak atas pendidikan di Afghanistan, juga untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi UNICEF dalam menjalankan implementasi program nya untuk memenuhi hak anak atas pendidikan di Afghanistan. Sedangkan manfaat atau kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah untuk memberikan sumbangsih dalam keilmuan, khusunya dalam disiplin Ilmu Hubungan Internasional mengenai peran Organisasi Internasional. Selanjutnya, manfaat praktis dari penelitian ini adalah memberikan informasi, baik secara akademik maupun aplikatif bagi masyarakat dan akademisi mengenai peran UNICEF sebagai Organisasi Internasional dalam menjalankan programnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan suatu fenomena secara terperinci dengan menggunakan data dan fakta yang ada. data dikumpulkan melalui satu sumber yaitu sumber sekunder, yang kemudian diolah dan di analisis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Education yang di berikan UNICEF seperti menyediakan pendidikan berkualitas terhadap anak yang paling rentan, bekerjasama dengan pemerintahan setempat, meningkatkan kapasitas kelembagaan, serta melakukan kesiapsiagaan dan tanggap darurat, dapat memenuhi hak anak atas pendidikan. Namun, masih banyak hambatan dalam mengimplementasikan program tersebut, akibat dari kurangnya keamanan di Afghanistan. Kata Kunci : Peran, UNICEF, Hak Anak, Konflik Afghanistan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:01
Last Modified: 02 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66352

Actions (login required)

View Item View Item