PENERAPAN MODEL TIME TOKEN DENGAN BERBANTUAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MENYAMPAIKAN PENGAJUAN DAN PENAWARAN BERNEGOSIASI PADA KEMAMPUAN BERBICARA DI SMAN 5 CIMAHI

NURJANAH, AJENG SYARIFAH, 195030092 (2023) PENERAPAN MODEL TIME TOKEN DENGAN BERBANTUAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN MENYAMPAIKAN PENGAJUAN DAN PENAWARAN BERNEGOSIASI PADA KEMAMPUAN BERBICARA DI SMAN 5 CIMAHI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbicara teks negosiasi yang masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang tidak tepat sehingga penulis memberikan salah satu alternatif dengan menerapkan model time token dengan berbantuan talking stick pada pembelajaran berbicara teks negosiasi. Model pembelajaran merupakan bagian dari komponen pembelajaran yang berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, penulis membuat penelitian ini untuk menguji kemampuan peserta didik dalam kemampuan berbicara peserta didik. Penelitian ini juga menguji penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran kemampuan berbicara bernegosiasi berdasarkan pengajuan, penawaran dan persetujuan dengan model time token berbantuan talking stick. Penulis juga menguji keefektifan model time token dengan berbantuan talking stick dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model quasi eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 5 Cimahi tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran kemampuan berbicara bernegosiasi berdasarkan pengajuan, penawaran dan persetujuan menggunakan model time token dengan berbantuan talking stick. 2) Peserta didik kelas X SMAN 5 Cimahi mampu bernegosiasi dengan kemampuan berbicara. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata prates sebesar 49 dan pascates sebesar 84, dengan nilai selisih kenaikan sebesar 35. 3) Model time token dengan berbantuan talking stick efektif digunakan dalam pembelajaran kemampuan berbicara bernegosiasi. Hal ini didukung dari perhitungan statistic dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa model time token dengan berbantuan talking stick efektif digunakan dalam pembelajaran kemampuan berbicara bernegosiasi berdasarkan pengajuan, penawaran dan persetujuan menggunakan model time token dengan berbantuan talking stick di kelas X SMAN 5 Cimahi dibandingkan dengan menggunakan model diskusi. Kata kunci: Pembelajaran, negosiasi, kemampuan berbicara dan model time token dengan berbantuan talking stick.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:29
Last Modified: 02 Oct 2023 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66342

Actions (login required)

View Item View Item