MAHARANI, LARAS AMELIA, 195030088 (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK ECOLA (EXTENDING CONCEPTS THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES) TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SELAAWI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Selaawi. Hal tesebut karena kurangnya pemahaman tentang strategi membaca dan kurangnya variasi metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Deskripsi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membaca pemahaman teks berita menggunakan Teknik ECOLA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selaawi. (2) Menguji perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik ECOLA dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik ECOLA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selaawi. (3) Menguji keefektifan teknik ECOLA terhadap pembelajaran membaca pemahaman teks berita pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selaawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Selaawi. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling, sehingga didapat kelas VIII C dengan pembelajaran Teknik ECOLA, dan kelas VIII D dengan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa pretest dan posttest, serta observasi sikap siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 82,13 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,5. Dan kemampuan membaca pemahaman teks berita menggunakan teknik ECOLA efektif dengan hasil nilai selisih (gain) kelas kontrol sebesar 0.4602. Sedangkan nilai selisih (gain) kelas eksperimen yang menggunakan teknik ECOLA sebesar 0.6550. Kata Kunci: teknik ECOLA, teks berita, membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 04:09 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 04:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66266 |
Actions (login required)
View Item |