PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SD Muhammadiyah 3 Kota Bandung)

Fajrin, Salsabila, 195060090 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SD Muhammadiyah 3 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
001. Cover.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
002. Lembar Pengesahan.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
005. Abstrak.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
007. Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
008. Bab 2 Kajian Teori.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
009. Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
010. Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
011. Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img]
Preview
Text
012. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Hasil tes yang dilakukan oleh Trend in International Mathematics and Scienes Study (TIMSS) pada tahun 2015 bahwa Indonesia berada pada peringkat 45 dari 50 negara. Dengan menggunakan model pembelajaraan Kooperatif tipe Example Non Example, peserta didik lebih mudah dalam menganalisis materi pembelajaran dan membangun pengetahuanpengetahuannya melalui gambar-gambar yang ditayangkan oleh guru. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Model pembelajaran kooperatif tipe example non example memberikan kontribusi yang cukup kuat terhadap hasil belajar peserta didik, sebesar 52,4%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe example non example ini sangat layak digunakan pada pembelajaran di sekolah. Jika melihat dari perkembangan zaman, diharapkan guru mampu membuat atau menggunakan media-media contoh yang lebih menarik dan memanfaatkan seluruh teknologi sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran, yang otomatis pada hasil belajarnya pun meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Sep 2023 04:03
Last Modified: 30 Sep 2023 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66264

Actions (login required)

View Item View Item