KUALITAS PELAYANAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDUNG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI KASUS JALAN PAGARSIH KELURAHAN JAMIKA KECAMATAN ASTANA ANYAR KOTA BANDUNG)

Arningsih, Nur Fitriani (2023) KUALITAS PELAYANAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDUNG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI KASUS JALAN PAGARSIH KELURAHAN JAMIKA KECAMATAN ASTANA ANYAR KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Sampah menjadi masalah yang sangat sulit untuk diselesaikan. Volume sampah dari tahun ke tahun semakin meningkat dan semakin bertambah karena kebutuhan manusia juga semakin bervariasi dan luas. Masih banyak hambatan yang terjadi dalam pengelolaan sampah di TPS Jalan Pagarsih. Terjadinya keterlambatan pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti akibat kurangnya fasilitas truk/mobil pengangkut sampah menyebabkan terjadinya penumpukan sampah di TPS Jalan Pagarsih sampai meluap ke bahu jalan menjadikan jalanan macet. Oleh sebab itu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang unggul terkait pengelolaan sampah di kalangan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada teknik pengumpulan data yaitu menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan ditinjau dari dimensi Kualitas Pelayanan menurut Zeithalm-Parasuraman-Berry (dalam Harbani Pasolong 2013 : 135) dengan indikator tangibles, reability, responsivess dan emphaty. Di TPS Jalan Pagarsih ini pengelolaan sampah atau pengangkutan sampahnya sudah baik namun belum maksimal, masih banyak yang harus ditambahkan terutama pada transportasi (truk/mobil) pengangkut sampah. Agar sampah-sampah di TPS Jalan Pagarsih ini tidak menumpuk dan meluap ke jalanan sehingga menggangu kenyamanan masyarakat sekitar, terutama pada saat terjadinya penumpukan sampah organik yang menghasilkan bau tak sedap. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:01
Last Modified: 29 Sep 2023 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66122

Actions (login required)

View Item View Item