PENGARUH METODE SQ3R BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di SDN Kiangroke 01 Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

Rahmiani, Nida Dzakiyah, 195060058 (2023) PENGARUH METODE SQ3R BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di SDN Kiangroke 01 Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik di SDN Kiangroke 01. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R berbantuan media audio visual terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Kiangroke 01 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas IV A sebanyak 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan metode SQ3R berbantuan media audio visual dan kelas IV B sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui instrumen tes yaitu soal pilihan ganda dan instrumen non tes yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gambaran proses pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan penerapan metode SQ3R berbantuan media audio visual dapat mempengaruhi kemampuan membaca pemahan peserta didik. Hal ini dapat diketahui dari hasil pretest dan postest peserta didik yang mengalami peningkatan sebesar 64,4% dengan nilai rata-rata pretest yang semula 66,72 lalu pada postest meningkat menjadi 87,24. Selain itu, hasil dari uji hipotesis menghasilkan nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,015 < 0,005 sehingga terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara peserta didik yang menggunakan metode SQ3R berbantuan media audio visual dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Adapun berdasarkan uji effect size, penggunaan metode SQ3R berbantuan media audio visual memiliki pengaruh sebesar 0,684 terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode SQ3R berbantuan Media Audio Visual memiliki pengaruh yang efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di sekolah dasar. Kata kunci: Metode SQ3R, Media Audio Visual, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:56
Last Modified: 29 Sep 2023 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66121

Actions (login required)

View Item View Item