STRATEGI PROMOSI PADA HOTEL THE PAPANDAYAN KOTA BANDUNG

Kurnia, Daniel Candra (2023) STRATEGI PROMOSI PADA HOTEL THE PAPANDAYAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN.docx

Download (68kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (70kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
1. COVER SKRIPSI.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

The Papandayan Hotel merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang pariwisata khususnya pada perhotelan, perusahaan ini menyediakan beberapa produk seperti Akomodasi berupa Kamar dan Restoran, Ruangan serbaguna serta Fasilitas Spa dan Kesehatan. Penelitian difokuskan kepada bidang Akomodasi berupa kamar hotel. Kamar hotel dijadikan objek penelitian strategi promosi, dikarenakan adanya indikasi penyesuaian kebijakan pasca pandemi serta kenaikan tingkat okupansi pada periode tahun 2022-2023. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Gambaran Umum The Papandayan Hotel Kota Bandung, Strategi Promosi, Hambatan dan Penanggulangan Hambatan dalam Strategi Promosi The Papandayan Hotel KotaBandung. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari data reduksi, penyajian data dan kumpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa The Papandayan Hotel melakukan beberapa implementasi dari teori Kotler dan Armstrong terkait 5 (lima) elemen promosi yaitu Periklanan (Advertising), Penjualan Personal (Personal Selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), dan Pemasaran Langsung (Direct Marketing) serta indikator didalamnya. Pada teori yang di implementasikan The Papandayan Hotel Kota Bandung, terdapat beberapa indikator yang bersifat mendukung pelaksanaan elemen promosi tersebut. The Papandayan Hotel Kota Bandung memiliki beberapa hambatan yaitu, adanya 3 (tiga) indikator dalam elemen promosi yang tidak diterapkan yaitu Presentasi Produk secara fisik, Sampel dan Continuity Programs berupa membership, ketidaksiapan departemen lain dalam menghadapi kegiatan yang akan datang karena adanya perencanaan promosi penjualan yang mendadak dan tidak menentu dengan tidak memperhatikan segmentasi pasar, dan perampingan karyawan yang minor serta efisiensi biaya anggaran periklanan. Penanggulangan hambatan yang dilakukan The Papandayan Hotel yaitu meliputi melakukan penawaran dan penjelasan produk dengan usaha yang lebih serta detail, melakukan pengontrolan dan pengecekan terhadap produk restoran serta memberikan penawaran premium demi menciptakan Loyal Customer, Melakukan Action Plan dan Monthly Meeting, serta Melakukan pekerjaan secara terarah dan maksimal dengan pengelolaan biaya yang matang. Saran yang diberikan bagi The Papandayan Hotel Kota Bandung dalam Strategi Promosinya yaitu Memberikan pelatihan khusus bagi tenaga kerja Sales atau Penjual Personal terkait presentasi produk yang ditawarkan secara fisik atau beraudiens, Mengadakan program membership untuk para pelanggan dengan promo yang menguntungkan dan menarik. Mengeksplorasi, menciptakan serta mempertahankan kegiatan ataupun acara yang beragam dan unik bagi internal, mitra dan tamu perusahaan. Kata kunci: Strategi Promosi, Elemen-elemen Promosi, Akomodasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:23
Last Modified: 29 Sep 2023 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66104

Actions (login required)

View Item View Item