SOSIALISASI KENDARAAN LISTRIK PADA SOSIAL MEDIA INSTRAGRAM Studi Kualitatif Deskriptif Peran Public Relation PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bandung Unit Induk Distribusi Jawa Barat

ILMI, GHIFARI MUHAMMAD (2023) SOSIALISASI KENDARAAN LISTRIK PADA SOSIAL MEDIA INSTRAGRAM Studi Kualitatif Deskriptif Peran Public Relation PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bandung Unit Induk Distribusi Jawa Barat. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Sosialisasi Kendaraan Listik Pada Sosial Media Instagram”. Tujuan dan kegunaan penelitian ini yaitu Menjelaskan bagaimana keterbukaan infomasi, ekualitas, orientasi publik, dan saluran komunikasi pada public relation PT. PLN (Persero) dalam mensosialisasikan kendaraan listrik di media sosial Instagram. Metode penelitian ini yang di gunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang berfokus kepada desktiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Peneliti mengambil ditentukan 7 orang informan inti yaitu 3 manager unit, 3 manager sub bidang/PR, 1 ketenagalistrikan ahli/ expert bidang. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Excellence pendekatan two-way symmetric James Grunig dan Hun yaitu keterbukaan infomasi, Ekualitas, orientasi publik, dan saluran komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa (1) Keterbukaan Informasi, Peran public relation PT. PLN (Persero) dalam melakukan keterbukaan informasi melalui Instagram ialah dengan memberikan informasi untuk melayani dan mengedukasi masyarakat tentang kendaraan listrik dan SPKLU. (2) Ekualitas, Peran public relation PT. PLN (Persero) dalam melakukan ekualitas melalui media sosial Instagram dengan melayani masyarakat dengan memberikan respon yang positif melalui direct message pada Instagram kepada masyarakat, hal ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat hingga terciptanya reputasi yang baik. (3) Orientasi publik, Peran public relation PT. PLN (Persero) dalam melakukan orientasi publik melalui sosial media Instagram adalah PT. PLN (Persero) membuat konten dari agenda setting bulanan. (4) Saluran Komunikasi, Instagram dipilih sebagai saluran komunikasi karena mudah diakes, banyak digunakan oleh masyarakat serta mudah dipahami oleh berbagai macam kalangan. Informasi yang disampaikan oleh public relation sangat tepat sesuai dengan target sasaran karena munggunakan platform Instagram. Kata Kunci : Sosial Media, Sosialisasi, Peran Public Relations

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 18:55
Last Modified: 27 Sep 2023 18:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65409

Actions (login required)

View Item View Item