PENGARUH TERPAAN MEDIA INSTAGRAM @HUMAS_BANDUNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS DI TAHUN 2022 (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Media Instagram @Humas_bandung Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers di Tahun 2022)

Insani, Narisha Nur (2023) PENGARUH TERPAAN MEDIA INSTAGRAM @HUMAS_BANDUNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS DI TAHUN 2022 (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengaruh Terpaan Media Instagram @Humas_bandung Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers di Tahun 2022). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (30kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (170kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat di era digital banyak memberikan dampak positif bagi semua kalangan, pemerintah kota Bandung ikut memanfaatkan kesempatan tersebut pada bidang komunikasi dan informasi. Melalui platform media sosial instagram @humas_bandung bergerak dalam penyebaran informasi dan sebagai wadah interaksi dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terpaan Media Instagram @humas_bandung terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers di Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan teori Terpaan Media menurut Karl E Rosengren yaitu terpaan dari suatu media dapat memberikan dampak terhadap seseorang melalui isi pesan yang akan mempengaruhi perubahan baik sikap, perilaku dan presepsi. Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioener kepada 100 responden pengikut akun media sosial Instagram @humas_bandung yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Sampel diambil menggunakan teknik non probability accidental sampling dan data diolah secara statistik dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Terpaan Media (X) dengan dimensi frekuensi, durasi dan atensi terhadap variabel kebutuhan informasi (Y) dengan Sig (0,000) yang dapat diterima dan ditolak. Sementara seacara parsial dimensi frekuensi (X1) berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (Y) dengan nilai signifikansi (0,019), durasi (X2) berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (Y) dengan nilai signifikansi (0,007), dan atensi (X3) berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (Y) dengan nilai signifikansi (0,000). Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu menyatakan bahwa pengaruh terpaan media dengan dimensi frekuensi, durasi dan atensi memiliki pengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers instagram @humas_bandung. Kata Kunci : Terpaan Media, Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:01
Last Modified: 27 Sep 2023 09:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65372

Actions (login required)

View Item View Item