PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN CAMPAKA (Penelitian Eksperimen Kelas V SDN Campaka Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta)

AMALIA, RAHMA NUR, 195060063 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN CAMPAKA (Penelitian Eksperimen Kelas V SDN Campaka Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SDN Campaka. adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa SDN Campaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only grup design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Campaka dengan sampelsebanyak dua kelas yaitu kelas V A sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model kooperatif tipe snowball throwing dan V B sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen tes yaitu pilihan ganda untuk penilaian kognitif, kemudian afektif dan psikomotorik menggunakan rubrik penilaian, untuk instrumen non tes yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran kelas eksperimen lebik baik dari kelas kontrol. Hal ini dapat diketahui dari hasil pretest dan posttest siswa yang sebesar 0,274 < 0,05 maka, dapat diartikan bahwa dapat dikatakan bahwa Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Campaka. Kemudian uji effect size hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa uji effect size sebesar 0,139 dengan interpretasi dalam kategoris besar sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Campaka Purwakarta berpengaruh besar. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dan juga dapat dilihat dari nilai afektif sebesar 82.57 dan nilai psikomotorik sebesar 86.88. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowballl Throwing .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:25
Last Modified: 27 Sep 2023 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65356

Actions (login required)

View Item View Item