Wafi, Hilmi Abdul (2023) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) BERBASIS WEB PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI HILMI BAB 1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI HILMI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI HILMI KATA PENGANTAR.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI HILMI BAB 2.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI HILMI ASTRAK 3 BAHASA.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI HILMI BAB DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI HILMI COVER.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Pelayanan publik adalah pemberian pelayanan (melayani) keperluan orang lain atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan (Pasolong, 2019:155). Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut masih mengalami kesulitan mengenai respon petugas pelayanan dan jaminan waktu pada pelayanan E-KTP berbasis Web. Hal ini didasarkan masih ditemukan berbagai kendala dalam pelayanan administrasi kependudukan seperti, jaminan waktu pembuatan E-KTP tidak menentu dan respon petugas sangat kurang. Pelayanan Administrasi Kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain (Andriansyah, 2021). Kualitas pelayanan yang diharapkan masyarakat yaitu pelayanan dilakukan dengan baik, dalam arti cepat, tepat, dan ramah. Kepuasan masyarakat merupakan faktor utama yang harus diperhatikan oleh penyedia pelayanan publik, karena kepuasan masyarakat akan menentukan keberhasilan pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Bukan hanya respon petugas saja yang menjadi kasus dalam pelayanan publik, SDM Aparatur juga menjadi faktor kasus dalam pelayanan publik. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan E-KTP berbasis web pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tektik reduksi data dengan bantuan aplikasi Tools Atlas.ti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti telah menemukan 3 Tema, 8 Kategori dan 108 Code yang diperoleh melalui proses observasi dan wawancara. Berdasakan hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan pembuatan E-KTP berbasis web pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten garut belum sepenuhnya maksimal, dikarenakan respon petugas dan jaminan waktu masih menjadi faktor penyebab buruknya kualitas pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, E-KTP, Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 04:32 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 04:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65259 |
Actions (login required)
View Item |