AURANNISA, AINAYA AGTRI, 195060137 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 KALAPANUNGGAL KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan materi yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran, terbukti dengan kurangnya kemampuan berpikir kreatif pada materi IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan bahan ajar berbasis aplikasi Canva pada kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan bahan ajar berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 2 kelas diantaranya Kelas VA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan Kelas 5 B sebagai kelas uji eksperimen dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes yang disebut pre-test dan post-test diberikan kepada masingmasing kelas sampel dengan soal yang sama. Setelah hasil tes tersedia, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu, analisis data dilakukan dengan independent sample test menggunakan aplikasi SPSS 26, diperoleh hasil Sig. (bilateral) 0,000 <; 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan bahan ajar pada aplikasi Canva meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Keterampilan Berpikir Kreatif, Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:30 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65199 |
Actions (login required)
View Item |