PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 15 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

AL IMRON, AL IMRON (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 15 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Dilatar belakangi oleh adanya penggunaan model dan metode pembelajaran yang belum efektif, menyebabkan kemampuan siswa seperti pemecahan masalah, penemuan solusi, penyajian hasil karya siswa dan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (i) Hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Gallery Walk (Pretest). (ii) Hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Gallery Walk (Posttest). (iii) Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Gallery Walk (Pretest dan Posttest). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dimana dapat dilihat berdasarkan data hasil pretest dan posttest dengan nilai rata-rata pretest 80,91 dan nilai rata-rata posttest 89,65. Meningkatnya hasil belajar siswa dengan pengujian hipotesis pada Uji Paired Sample Test dengan hasil dimana pretest dan posttest pada kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi yaitu sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi adalah model pembelajaran discovery learning dengan metode gallery walk (X) Pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa (Y) sebesar 8,73% pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada kepala sekolah agar diharapkan dapat memberikan dukungan dan pengarahan kepada guru disekolah untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi. Bagi guru diharapkan model pembelajaran discovery learning dengan metode gallery walk ini dapat dikembangkan dan diterapkan kembali. Bagi Siswa, diharapkan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lebih aktif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah, kelas dan pada mata pelajaran yang berbeda. Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Gallery Walk, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:22
Last Modified: 21 Sep 2023 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65173

Actions (login required)

View Item View Item