FENOMENA PENGGUNAAN PINTEREST SEBAGAI REFERENSI FASHION STYLE(Studi Fenomenologi Pengguaan Pinterest di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komukasi Fisip Unpas)

Adriana, Devika (2023) FENOMENA PENGGUNAAN PINTEREST SEBAGAI REFERENSI FASHION STYLE(Studi Fenomenologi Pengguaan Pinterest di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komukasi Fisip Unpas). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pinterest Sebagai Referensi Fashion Style Dikalangan Mahasiwa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas (Studi Fenomenologi Pengguaan Pinterest sebagai Referensi Fashion Syle di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komukasi Fisip Unpas)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motif mahasiswa ilmu komunikasi fisip unpas, tindakan mahasiswa ilmu komunikasi fisip unpas dan makna mahasiswa ilmu komunikasi fisip unpas dalam menggunakan media sosial Pinterest sebagai referensi fashion style. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Fenomeologi oleh Alfred Schutz. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Motif para pengguna media social Pinterest sebagai referensi fashion style yaitu karena pinterest menyediakan referensi yang beragam dan sesuai dengan apa yang penggunanya cari, referensi yang disediakanpun mengikuti trend dan tidak ketinggalan jaman, kemudian informasi yang disediakan di pinterest mampu membuat penggunanya paham akan fashion maupun style yang mereka butuhkan. Sedangkan Tindakan yang dilakukan para pengguna media social Pinterest yaitu menyimpan pin atau gambar yang akan diterapkan nantinya dan apabila mereka tidak mempunyai barang yang serupa maka akan langsung membelinya yang dimana dapat menimbulkan sifat konsumtif, selain itu mereka merasa semaki percaya diri. Kemudian makna dari penggunaan Pinterest sebagai referensi fashion style ini yaitu mereka memaknai media social pinterest sebagai media social yang bermanfaat, adapula yang memaknai sebagai suatu hal yang konsumtif karena keinginan untuk membeli barang yang serupa, adapun yang memaknai pinterest sebagai sebuah bank data. Dalam penelitian ini, peneliti menarik kesimpulan bahwa para pengguna media sosial Pinterest dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS memiliki tujuan yang berbeda – beda dalam menggunakan media social Pinterest sesuai dengan pembahasan yang telah dibahas dalam penelitian ini yaitu mereka menggunakan pinterest untuk memperoleh sebuah informasi yang bermanfaat dan sesuai denga napa yang mereka butuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:28
Last Modified: 21 Sep 2023 02:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65156

Actions (login required)

View Item View Item