AZIZA, DINDA AULIA, 195030026 (2023) ANALISIS TEKSTUALITAS PADA CERAMAH KEAGAMAAN USTADZ ADI HIDAYAT SEBAGAI ALTERNATIF LKPD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari unsur tekstualitas yang terdapat di dalam ceramah keagamaan Ustadz Adi Hidayat dalam kegiatan [Tabligh Akbar] Tentang Iman, Islam, dan Ihsan. Hasil analisis ini di manfaatkan sebagai alternatif LKPD berbasis Digital bagi peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mana hasil dari penelitian ini berupa kalimat secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu video ceramah keagamaan Ustadz Adi Hidayat pada kegiatan [Tabligh Akbar] Tentang Iman, Islam, dan Ihsan serta beberapa sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan teknik menyimak dan mencatat. Secara umum, hasil analisis tekstualitas ini mengandung 83 kalimat koherensi, 46 kalimat kohesi, 36 kalimat maksud pengirim, 28 kalimat keberterimaan, 36 kalimat memberikan informasi, 11 kalimat situasi pengujaran dan 14 kalimat intertekstualitas. Setiap unsur tekstualitas memiliki tujuannya masing-masing. Selanjutnya, hasil analisis ini disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar. Selain itu, hasil analisis ini juga disesuaikan dengan kriteria Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dinilai berdasarkan aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek isi. Kemudian, hasil analisis tersebut dijadikan perangkat pembelajaran dalam bentuk LKPD Digital yang bisa digunakan oleh peserta didik Kelas XI SMA dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai Teks Ceramah. Penulis juga menyarankan agar pendidik dapat memberikan materi yang lebih mendalam mengenai unsur tekstualitas yang jika dilihat dari materi ceramahnya termasuk ke dalam kebahasaan dalam ceramah. Kata kunci: Analisis, tekstualitas, ceramah, LKPD Digital
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 04:43 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65145 |
Actions (login required)
View Item |