PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS IKLAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 25 KOTA BANDUNG

NOVIANI, RENI, 195030030 (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS IKLAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 25 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca pemahaman teks iklan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan peneliti dalam merencanakan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbantuan flipbook dalam pembelajaran membaca pemahaman teks iklan; untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan flipbook dalam pembelajaran membaca pemahaman teks iklan; untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan flipbook dalam pembelajaran membaca pemahaman teks iklan; serta untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks iklan pada peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi. Data yang diperoleh adalah data pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kontrol peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Kota Bandung. Adapun hasil dari penelitian ini terbukti peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai penerapan model problem based learning berbantuan flipbook dalam pembelajaran membaca pemahaman teks iklan. Hal ini terbukti dari perolehan skor sebesar 38 dengan rata-rata 3,8 untuk kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 40 dengan rata-rata 4. Sebelum menggunakan model problem based learning berbantuan flipbook, kemampuan peserta didik dalam membaca pemahaman teks iklan masih kurang baik. Hal ini terbukti dari hasil nilai pretest dengan rata-rata 67,4. Kemampuan peserta didik setelah menggunakan model problem based learning berbantuan flipbook dalam pembelajaran membaca pemahaman teks iklan meningkat. Hal ini terbukti dari hasil nilai posttest dengan rata-rata 83,4. Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini dibuktikan melalui hasil Uji Wilcoxon Signed Rank. Sesuai dengan hasil analisis, bahwa perolehan nilai yaitu 0,000 yang berarti nilai tersebut < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks iklan berbantuan flipbook pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Kota Bandung. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Teks Iklan, Model Problem Based Learning, Flipbook.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:26
Last Modified: 20 Sep 2023 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65143

Actions (login required)

View Item View Item