PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

AZAHRA, AIRA SALMA, 195030029 (2023) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu penyebab hal tersebut yaitu kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang sesuai oleh para pendidik. Selain itu, akibat dari kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang sesuai yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan model Discovery Learning pada pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji keefektifan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Serta mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilainilai kehidupan dalam teks cerita pendek dan perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian berdasarkan uji Wilcoxon nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek antara kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Adapun hasil dari uji Mann-Whitney nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, model Discovery Learning efektif digunakan pada pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek. Kemudian hasil perhitungan ratarata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning yaitu 3,7 dan pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 3,4. Artinya, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Model Discovery Learning, teks cerita pendek, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:29
Last Modified: 19 Sep 2023 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65131

Actions (login required)

View Item View Item