PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

KURNIAWAN, IHSAN, 195020066 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya model pembelajaran yang digunakan dan pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru (teacher centered learning), menyebabkan hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan tingkat pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning, (ii) hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diterapkan model pembelajaran Discovery Learning), (iii) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas kontrol, (iv) Pengaruh dari Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (i) Terdapat perbedaan signfikan pada kelas eksperimen dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor pretes sebesar 46,31 dan skor posttest sebesar 79,24. (ii) Terdapat perbedaan signfikan pada kelas kontrol dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor pretes sebesar 46,74 dan skor posttest sebesar 72,94. (iii) Terdapat Perbedaan Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sebesar 33,63 pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol sebesar 26,17 . (iv) Berdasarkan hasil pengujian effect size yang memperoleh hasil sebesar 0,784 atau 78,4% yang merupakan kategori tinggi artinya terdapat Pengaruh dari Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas eksperimen. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar memfasilitasi guru dalam menerapkan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan kepada guru agar menjadikan model Problem Based Learning sebagai alternatif dalam pembelajaran yang dilakukan serta guru dapat bervariasi dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:10
Last Modified: 19 Sep 2023 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65128

Actions (login required)

View Item View Item