PENERAPAN MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 NAGREG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SARI, FITRIANA INDAH, 195030052 (2023) PENERAPAN MODEL PICTURE WORD INDUCTIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 NAGREG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak, Abstract, dan Ringkesan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik untuk menulis teks persuasi menjadi latar belakang untuk penelitian ini. Kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang inovatif oleh para pendidik menjadi salah satu penyebab terjadinya hal tersebut. Telah diketahui bahwa memasukkan model ke dalam proses pembelajaran membantu meningkatkan motivasi dan minat peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi antara kelas eksperimen yang menggunakan model picture word inductive dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran tanya jawab serta menguji efektivitas model picture word inductive dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, uji coba, observasi dan tes. Data yang dikumpulkan adalah hasil pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas VIII SMPN 1 Nagreg. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji wilcoxon adalah nilai Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks persuasi antara kelas eksperimen yang menggunakan model picture word inductive dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanya jawab. Adapun hasil dari uji mann whitney adalah Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya model picture word inductive efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Kata kunci: Model picture word inductive, menulis, teks persuasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:09
Last Modified: 18 Sep 2023 04:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65108

Actions (login required)

View Item View Item