HERAWATI, IRMA, 195030024 (2023) PENERAPAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI BERDASARKAN UNSUR PEMBANGUN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 9 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (522kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi, kreatif dan inovatif dapat membuat peserta didik lebih aktif dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yakni model pembelajaran self directed learning. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model self directed learning, untuk menguji kemampuan peserta didik kelas X SMAN 9 Bandung dalam menulis puisi, untuk menguji keefektifan model self directed learning dalam pembelajaran menulis puisi, serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis antara kelas eksperimen menggunakan model self directed learning dan kelas kontrol menggunakan metode tanya jawab. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif jenis penelitian kuasi eksperimen dengan teknik telaah pustaka, uji coba, observasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa pretest dan posstest peserta didik baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Adapun hasil penelitian ini : 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis puisi menggunakan model self directed learning dengan rata-rata nilai perencanaan 3,7 dan nilai pelaksanaan 3,9. 2) Kemampuan peserta didik dalam menulis puisi mengalami pengingkatan dengan nilai rata-rata pretest 55,4 menjadi posttest dengan nilai rata-rata 82,9. 3) Model pembelajaran self directed learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian mann whitney dengan hasil Sig. 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan pemaparan di atas, maka model self directed learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Kata Kunci : pembelajaran menulis, teks puisi, model Self Directed Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:03 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65107 |
Actions (login required)
View Item |