KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DEBAT DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMAN 9 BANDUNG

Ayuningtias, Adisti, 195030032 (2023) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DEBAT DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMAN 9 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis teks debat. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama selain itu peserta didik juga kurang bisa menuangkan idenya. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model problem based learning bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks debat. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks debat dengan penerapan model Problem Based Learning. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas X SMAN 9 Bandung, diantaranya kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates kelas eksperimen sebsesar 55,96 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 76,92 dengan persentase kenaikan sebesar 37,4%. Sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol sebesar 53,27 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates sebesar 69,61 dengan persentase kenaikan hanya sebesar 30%. Dilihat dari data nilai ratarata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas eksperimen lebih mampu menulis teks debat dengan penerapan model problem based learning. Selain itu, melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan persentase perbedaan sebesar 10,5%. Kata Kunci : Menulis, Teks Debat, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:45
Last Modified: 18 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65104

Actions (login required)

View Item View Item