Ayuningtias, Adisti, 195030032 (2023) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DEBAT DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMAN 9 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi menulis teks debat. Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah peserta didik sulit menentukan kata pertama selain itu peserta didik juga kurang bisa menuangkan idenya. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai adalah model problem based learning bisa dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks debat. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks debat dengan penerapan model Problem Based Learning. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melalukan penelitian terhadap peserta didik kelas X SMAN 9 Bandung, diantaranya kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates kelas eksperimen sebsesar 55,96 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 76,92 dengan persentase kenaikan sebesar 37,4%. Sedangkan hasil rata-rata prates kelas kontrol sebesar 53,27 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates sebesar 69,61 dengan persentase kenaikan hanya sebesar 30%. Dilihat dari data nilai ratarata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas eksperimen lebih mampu menulis teks debat dengan penerapan model problem based learning. Selain itu, melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan persentase perbedaan sebesar 10,5%. Kata Kunci : Menulis, Teks Debat, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:45 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65104 |
Actions (login required)
View Item |