PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PEMANFAATAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS X SMKN 3 BANDUNG

ULANDARI, FRI SISCA, 195030001 (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PEMANFAATAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS X SMKN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang efektif dan inovatif oleh pendidik. Dari banyaknya model pembelajaran, model investigasi kelompok bisa dijadikan alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks biograf. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini untuk mengetahui keterampilan peserta didik dalam menulis teks biografi dengan penerapan model investigasi kelompok. adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah terkumpul dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis menyusun hasil penelitian ini setelah melakukan penelitian terhadap siswa kelas X SMKN 3 Bandung, diantaranya kelas X AKL I sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL II sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata prates ekspesrimen sebesar 75.69 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi sebesar 85.22 sedangkan hasil rata-rata prates kontrol sebesar 57.03 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata pascates menjadi 70.06 dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya mengalami peningkatan rata-rata pada hasil nilai siswa. Berdasarkan hasil output uji mann whithney di atas, diketahui bahwa pada hasil pascates kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai uji mann whitney sebesar 0,00<0,05 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model investigasi kelompok ini mampu membantu peserta didik dalam menulis teks biografi. Kata kunci: Menulis, Teks Biografi, Investigai Kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:25
Last Modified: 18 Sep 2023 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65103

Actions (login required)

View Item View Item