PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL BERBANTUAN APLIKASI PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X PADA KONSEP ANIMALIA (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMA Kartika XIX-1 Bandung)

PUTRI, AZMI DWI (2023) PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL BERBANTUAN APLIKASI PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X PADA KONSEP ANIMALIA (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMA Kartika XIX-1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar peserta didik ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan model yang tepat, termasuk Concept Attainment Model. Dilihat dari hasil belajar siswa, penguasaan konsep siswa terhadap materi konsep animalia masih rendah. Oleh karena itu, dalam penelitian kali ini peneliti melakukan eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dan pada penelitian ini peneliti memperoleh beberapa data primer pada hasil Pre-Test dan Post-Test serta data sekunder dari hasil penyebaran angket peserta didik. Sampel yang digunakan pada penelitian ini kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Penelitian yang dilakukan berbantuan aplikasi peta konsep mindomo pada kelas kontrol dan gitmind pada kelas eksperimen. Hasil data analisis menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan nilai rata-rata Pre-test kelas kontrol 31,25 dan nilai Post-test 62,83. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata Pre-test 34,67 dan nilai Post-test 84,9 dengan tingkat signifikan <0,005 maka Ho dinyatakan ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model konvensional pada kelas kontrol menghasilkan korelasi negatif terhadap penguasaan konsep siswa dilihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Sedangkan pada kelas eksperimen dengan penerapan Concept Attainment Model dan sesuai dengan aspek kognitif C1-C6 menghasilkan korelasi positif terhadap penguasaan konsep siswa dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat. Kata Kunci : Concept Attainment Model, Penguasaan Konsep, Mata Pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:55
Last Modified: 18 Sep 2023 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65101

Actions (login required)

View Item View Item