Srimaryani, Indah, 195060075 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
2.PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (771kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu diketahui masih banyak peserta didik yang mendapat nilai di bawah standar ketuntasan belajar di SDN 067 Nilem. dikarenakan Hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika rata-rata dengan nilai 45 sampai dengan 60 hanya sebagian saja dan yang memenuhi standar nilai ketuntasan belajar yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya variasi model pembelajaran agar peserta didik mampu lebih aktif, antusias dan senang dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment). dengan desain yang digunakan adalah desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan menggunakan pretest dan postest yang dijadikan sebagai data hasil belajar peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dan kelas IV C sebagai kelas kontrol menggunakan model Konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji NGain dan uji effect size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 22. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture. Terdapat pengaruh besar dalam penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dengan nilai 8,7 dalam uji effect size dan signifikan sebesar 0.001 melalui uji Independent Sample T Test. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:51 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65088 |
Actions (login required)
View Item |