EFEKTIVITAS METODE CHAIN WRITING BERBANTUAN MEDIA INSTAGRAM PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG

FEBRIANTY, CITRA ARUM, 195030017 (2023) EFEKTIVITAS METODE CHAIN WRITING BERBANTUAN MEDIA INSTAGRAM PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER DEPAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan metode Chain Writing dan aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan oleh penulis ialah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Data yang diperoleh adalah hasil prates dan pascates kelas X SMA Pasundan 7 Bandung sebagai kelas ekperimen dan kelas kontrol serta sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh penilaian perencanaan dengan rata-rata 3,8 dan penilaian pelaksanaan 3,82. Kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks anekdot meningkat dengan menggunakan metode Chain Writingi dan media pembelajaran melalui aplikasi Instagram pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai prates 60,33 dan mengalami peningkatan hasil pascates dengan rata-rata 86,17. Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks anekdot antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk kelas eksperimen mendapat nilai pascates rata-rata 86,17 dan untuk kelas kontrol mendapat nilai pascates dengan rata-rata 81,83. Metode Chain Writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot dibandingkan dengan metode Brain Writing, hal ini bisa dibuktikan dengan hasil output hasil uji Independent Sample t-test dengan perolehan hasil Asymp Sig (2 tiled) 0,649 artinya varians antar kelompoknya setara, maka asumsi terpenuhi. Dengan demikian hipotesis diterima, sehingga dapat diartikan metode Chain Writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Kata Kunci: menulis, teks anekdot, metode chain writing, media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:43
Last Modified: 14 Sep 2023 08:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65084

Actions (login required)

View Item View Item