PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB PERSERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP 40 Negeri Kota Bandung)

AZIS, MOCHAMMAD ILHAM ANUGRAH, 185010032 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB PERSERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP 40 Negeri Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada hasil penelitian ini di SMPN 40 Bandung menggunakan analisis deskriptif digunakan bersamaan dengan metode penelitian kualitatif, Jenis penelitian yang komprehensif, penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian berupa perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan. dalam kata-kata dan bahasa, dalam latar alam yang unik, dan melalui berbagai cara dalam bentuk deskriptif. Bagaimana hasil dilapangan itu penerapan implementasi nilai tanggung jawab dalam proses pembelajaran PPKn di SMPN 40 Bandung, dimana guru telah mengajarkan siswa untuk menyembunyikan nilai tanggung jawab melalui keteladanan dan pembiasaan. Misalnya, guru selalu berterima kasih kepada siswa yang mau berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas. Pembentukan kepribadian peserta didik merupakan tanggung jawab bersama dalam perannya, diperlukan kerjasama antara pendidik, keluarga, dan masyarakat. Sebagai seorang guru yang menjadi teladan bagi siswanya, mereka harus menunjukkan integritas dan kedisiplinan agar dapat berperan dalam pembangunan karakter di sekolah, Secara alami, guru dan siswa menghadapi tantangan ketika mencoba mengajarkan siswa nilai-nilai tanggung jawab melalui pendidikan kewarganegaraan di lingkungan sekolah. Dengan pemberian tugas berdasarkan penalaran atau pendapat pribadi, dilakukan upaya untuk mengatasi kendala yang menghambat siswa dalam memperdalam nilai-nilai tanggung jawabnya melalui pendidikan PKn. Hal ini dilakukan untuk membantu siswa mengembangkan rasa tanggung jawab dan mendorong mereka untuk selalu bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Kata Kunci : Peran, Karakter, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:18
Last Modified: 13 Sep 2023 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65066

Actions (login required)

View Item View Item